Senin, 13 Agustus 2012

PELUANG

hei teman pernahkah kita meliahat sebuah peluang bisnis yang menguntungkan? mungkin ada yang berkata "iya". saya juga berharap begitu. peluang bisnis inilah yang banyak diburuh oleh sebagian besar orang yang ingin sukses dalam dunia persaingan bisnis. maklum jika banyak orang kaya yang bertambah. itu karena adanya sebuah peluang yang dia ubah menjadi sesuatu yang menghasilkan.

mungkin kita banyak menghabiskan waktu untuk berfikir. yah, maklum saja peluang adalah sesuatu yang perlu dipikirkan. ada banyak teman-teman saya yang memiliki sebuah ide atau peluang yang sangat bagus tetapi banyak yang menghalangi untuk mewujudkan peluang tersebut.


saya juga pernah mengalami hal tersebut. waktu saya bertemu dengan teman sma saya -- wajahnya putih, dan berbadan besar. biasanya saat pertama kali ketemu dengan teman lama biasanya saya menjabat tangannya dengan penuh kehangatan ( sehangat di pagi hari, hehehe ). dan dia juga menyambut jabat tanganku dengan penuh semangat -- layaknya teman yang berpisah selama beberapa tahun.

langsung saja saya membuka percakapan di siang itu.

" assalamualaikum" 
" waalaikumsalam"

dengan hati yang senang saya berbincang-bincang beberapa menit tentang keadaannya kulaih di fakultas hukum. dengan hati yang senang pula dia menjawab pertanyaanku dengan tenang. sampai saya menanyakan tentang peluang yang mungkin bisa saya minta pendapatnya dari teman.

" hei, menurut kamu ada tidak peluang bisnis yang bisa kita bangun di kampus?"

tanya saya dengan penuh penantian jawaban yang keluar dari mulutnya.

" untuk apa?"
" siapa tau kita bisa buat bisnis bersama?"
" kalau bisnis itu perlu modal besar, kalau mau bangun bisnis harus sediakan modal yang besar dulu"

kata-kata tersebut sangat pesimis tentang sebuah peluang dan bisnis. saya tiba-tiba tidak ingin membicarakan tentang sebuah bisnis lagi. pikiranku langsung beralih ke pembicaraan yang lain.

dari cerita di atas mungkin kita bisa mengambil hikmahnya. bahwa kebanyakan orang yang berfikirnya mengarah ke otak kiri akan selalu pesimis mengenai sebuah bisnis. peluang bisnis yang dapat kita kembangkan yang sudah kita fikirkan tiba-tiba tidak ingin kita bangun karena ucapan-ucapan yang membuat hati kita merasa takut untuk bertindak.

saran saya, lakukan yang harus kamu lakukan, terima semua saran yang memotivasi untuk terus maju. dengarkan semua kata-kata orang yang ingin menghancurkan impianmu dan ambil semua yang baik-baik. jangan terperangkap oleh rasa takut yang akan selalu menghantui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar